26 Mar 2011

Ternyata Pulau Jawa Bukan Dari Banten - Banyuwangi


http://1.bp.blogspot.com/_UZ4QNAiyXtk/S7W0cdogH6I/AAAAAAAAATw/BOP9VS7HUhM/s1600/java.jpg

http://matanews.com/wp-content/uploads/pulau-Jawa.JPG




Katanya, biar adil, Ibukota Indonesia akan dipindahkan ke Luar Jawa....
Lho, emang selama 60 tahun ini Ibukota RI kan di Luar Jawa???..

harusnya dipindahkan ke Jawa dong!!! (nb: Jakarta tuh Luar Jawa, kan? ini
kataorang Jakarta sendiri loh, hehehe...).









http://4.bp.blogspot.com/_oQGx3yTv_Ss/THoHOy9whyI/AAAAAAAADjY/ISCiLwXQu_0/s1600/yuns1eln.jpg







Quote:
Originally Posted by kitten_junkies View Post


bener juga sih gan.. tapi ini cuma masalah kebiasaan yang nyebut aja kok..

malah setau ane kalau orang nyebut Jawa berarti yang dimaksud yah seputaran areal jawa tengah n DIY..

mungkin kebawa istilah dari jaman dulu gan.. apalagi kalau agan baca novel2 yang kisahnya jaman penjajahan atau pasca kemerdekaan sampe masa revolusi,
  1. daerah jakarta disebutnya tanah betawi, itu wilayahnya jakarta, depok, tangerang, bogor, bekasi, banten
  2. kalau jawa barat itu disebutnya tanah pasundan,
  3. kalau areal jawa tengah dan DIY itu tanah jawa atau bumi mataram (mangkanya ada istilah ke jawa)
  4. kalau Jawa timur itu ane lupa disebutnya name daerahnya apa, tapi org2nya disebutnya orang sungai brantas..
jadi menurut ane maksudnya bukan pulau gan, maksudnya daerah.. karena kebiasaan penyebutan aja.. tapi karena ada pergeseran makna akibat perkembangan jaman dan sosial budaya, lama2 ya jd di generalisir gan.. ini menurut ane gan.. tapi bisa jadi ga semua orang itu ngerti asal dan alasannya kenapa nyebut Jawa, itu hanya kebiasaan aja..

dan kayanya orang2 tua yang ngerasain hidup di jaman penjajahan dan transisi masih ngerti penyebutan itu gan.. misalnya, mbah kakung ane yang tinggal di daerah kutuarjo gan, dia orang ndalem kraton jaman duluuuuuuuuuuuuu banget, dia ga mau nyebut daerah jawa tengah dan DIY itu dengan nama propinsinya, tapi selalu nyebutnya "tanah jawa" atau "bumi mataram", nahkan dia masih nyebut jabodetabek dengan istilah "tanah betawi".. jadi bukan orang yang tinggal di Jakarta aja kan yang gitu gan?

jadi ini bukan masalah rasis dan suku yang kaya ane baca dikomen2.. ini cuma masalah istilah dan pergeseran kultur, tapi ya maklum aja sih gan kalau rasa2nya jadi rasis, soalnya banyak yang nyebut itu ga tau asal muasalnya dan yang disebut juga sama.. jd salah makna dan pemahaman deh gan..

yah kalau berkenan tolong taro pejwan gan pendapat ane, ane liat komennya pada sinis2 bgt sama orang jakarta .. jadi mungkin pendapat ane ini bisa jadi jawaban untuk isitilah penyebutan Jawa itu

buat referensinya cba dibaca : buku2nya pramoedya, gadis jakarta karangan najeb kaelani, burung-burung manyar karangan YB mangunwijaya, atau buku2 yang bercerita sejarah kemerdekaan dan pasca kemerdekaan lain gan..


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5116666

Cek TKPnya : http://menujuhijau.blogspot.com/2010/08/ternyata-pulau-jawa-bukan-dari-banten.html#ixzz1HjBB5AvV

No comments:

Post a Comment

cerita seru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...